Minggu, 07 Agustus 2011

Ini Dia Si Robot Ekspresi


Riset robotika di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) dan dua perusahaan teknologi robotika yakni Xitome Design dan UMASS Amherts berhasil membuat sebuah robot yang mempunyai kemampuan untuk dapat meniru ekspresi emosi manusia.

Wajah robot bernama Nexi tersebut bisa berubah-ubah sehingga dapat bermimik seperti orang yang sedang sedih, marah, tersenyum, dan berbagai ekspresi lainnya. Bagian lehernya juga dapat melakukan putaran empat derajat dan diatur agar dapat bergerak secepat leher manusia.



Sementara untuk wajah dari Nexi dilengkapi dengan bagian yang meniru rongga mata, alis, kelopak mata, dan rahang. Kombinasi gerakan bagian-bagian ini akan mendukung terjadinya berbagai bentuk variasi ekspresi.

Sedangkan untuk kedua bola matanya dapat digerakkan di dalam rongga mata dilengkapi dengan sensor cahaya. Untuk merekam citra audio visual di sekitarnya di kepala Nexi dipasang empat mikrofon dan kamera inframerah. Plastik pemebungkus di tubuhnya dapat mengenali sentuhan manusia. Wah, jadi teringat dengan Sonny di Film I Robot semoga saja Nexi tidak punya keinginan untuk menguasai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar